Palu diketuk untuk PSSI

Keputusan sudah ditentukan berdasarkan kententuan

PSSI melaui Komdis tidak perlu menunggu lama untuk menyikapi kericuhan yang terjadi pada laga pembuka Shopee Liga 1 2019 antara PSS Sleman melawan Arema FC, Rabu (15/8). Baru-baru ini, federasi sepak bola tertinggi di Indonesia itu menyampaikan hukumannya.

Seperti yang diketahui, laga tersebut dihiasi oleh tindakan negatif suporter dari kedua kubu yang memadati Stadion Maguwoharjo, Sleman. Alhasil, jalannya pertandingan sempat terhenti selama beberapa menit.

PSSI pun tidak tinggal diam. Empat hari setelah kejadian, Komdis langsung mengusut dan menjatuhkan hukuman kepada PSS Sleman serta Arema FC. Tidak hanya itu, panitia pelaksana pertandingan pun diberikan sanksi yang cukup berat.

PSS Sleman Paling Berat

Sejumlah hukuman berupa denda dan non-denda diberikan kepada tiga pihak yang terlibat di pertandingan tersebut. Tuan rumah, PSS Sleman, dijatuhi denda yang paling berat di antara semuanya.

Sementara itu, panpel PSS Sleman juga harus menerima hukuman berat. Sebagian tribune selatan Stadion Maguwoharjo harus ditutup sebanyak empat pertandingan, sehingga kemungkinan pemasukan dari tiket masuk akan berkurang.

Arema FC pun dijatuhi hukuman denda berupa uang. Namun tidak seberat apa yang Komdis PSSI jatuhkan kepada PSS Sleman.

Daftar Hukuman

1. Panitia Pelaksana Pertandingan PSS Sleman

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2019
– Pertandingan: PSS Sleman vs Arema FC
– Tanggal kejadian: 15 Mei 2019
– Jenis pelanggaran: Panpel PSS Sleman gagal memberikan rasa aman dan nyaman terhadap pemain, ofisial, perangkat pertandingan dan penonton.
– Hukuman: Sanksi penutupan sebagian stadion pada tribun selatan sebanyak 4 kali dan denda Rp50 juta

2. PSS Sleman

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2019
– Pertandingan: PSS Sleman vs Arema FC
– Tanggal kejadian: 15 Mei 2019
– Jenis pelanggaran: supporter PSS Sleman menyalakan flare, kembang api, petasan, terlibat saling lempar dengan supporter Arema FC sehingga pertandingan terhenti selama 55 menit.
– Hukuman: denda Rp150 juta

3. Arema FC

– Nama kompetisi: Shopee Liga 1 2019
– Pertandingan: PSS Sleman vs Arema FC
– Tanggal kejadian: 15 Mei 2019
– Jenis pelanggaran: supporter Arema FC terlibat saling lempar dengan supporter PSS Sleman sehingga pertandingan terhenti selama 55 menit.
– Hukuman: denda Rp75 juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Messi Dua Gol, Barca Imbang di Pekan Terakhir Liga Spanyol

Sen Mei 20 , 2019
Eibar 2-2 Barcelona jornada akhir pekan Barcelona menutup musim 2018/2019 dengan hasil imbang. Dua gol yang dibuat Lionel Messi tak cukup memberi Blaugrana kemenangan. Skor akhir 2-2.  Pada laga di Ipurua Municipal Stadium, Minggu (19/5/2019) malam WIB, Eibar memberikan perlawanan luar biasa. Meski kalah penguasaan bola 61-39 persen menurut ESPN, tapi Eibar mampu membuat tembakan lebih banyak dari Barca yakni 18 berbanding 8. Eibar mencetak gol lebih dulu melalui Marc Cucurella, tapi Messi langsung membalasnya lewat dua gol dalam waktu dua menit. Saat babak pertama akan berakhir, Pablo De Blassis berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan voli jarak jauhnya. Hasil ini membuat Barcelona menyelesaikan […]