Peresmian patung Johan Cruyff di markas Barcelona, Camp Nou

Image result for patung johan cruyff

Barcelona Resmikan Patung Penghormatan untuk Johan Cruyff

Barcelona kembali memberi penghargaan untuk Johan Cruyff. Eks pemain asal Belanda itu diresmikan di Camp Nou.

Peresmian patung untuk mendiang Cruyff dilakukan, Senin (26/8/209), di markas Barcelona. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, hadir dalam peresmian itu.

Sementara itu dari keluarga mendiang Cruyff diwakili oleh sang istri, Danny Cruyff, serta kedua anaknya yakni Susila dan Jordi.

Patung setinggi 3,5 meter itu menampilkan sosok Cruyff yang tengah mengenakan kostum Barcelona dengan nomor punggung 9. Monumen ini berlokasi di depan pintu masuk tribun utama Stadion Camp Nou.

“Patung ini akan menjadi pengingat abadi akan Johan Cruyff dan apa yang ia wakili. Johan Cruyff sangat penting dalam sejarah Barcelona, secara hakiki dan sentimen,” ujar Bartolomeu melalui akun resmi Twitter Barcelona.

Johan Cruyff adalah mantan pemain Barcelona di era 1970-an, serta pernah menjabat sebagai manajer Los Cules dari tahun 1988 hingga 1996. Ia adalah peletak dasar filosofi sepakbola Blaugrana, serta bertanggung jawab dalam pengembangan akademi tersohor La Masia.

Cruyff merupakan tokoh sentral dalam permainan menyerang Total Football di Belanda pada era 1970-an. Taktik tersebut kemudian diadopsi oleh Barcelona selama masa baktinya sebagai pemain dan pelatih di Camp Nou, hingga kini bertransformasi menjadi gaya bermain Tiki-taka.

Selama menjadi manajer Barcelona, ia sukses meraih 11 trofi utama, termasuk 4 gelar LaLiga, dan mampu membawa klub asal Catalunya itu menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya di tahun 1992.

Cruyff wafat pada 24 Maret 2016 pada usia 68 tahun karena penyakit kanker paru-paru yang diderita. Sejak masih aktif merumput, ia dikenal sebagai seorang perokok berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Luke Shaw Cedera?

Rab Agu 28 , 2019
Luke Shaw cedera hamstring dan kemungkinan absen lima pekan Manchester United dibuat pusing dengan badai cedera. Setelah Anthony Martial, kini giliran Luke Shaw yang mungkin absen lima pekan. Shaw mengalami cedera hamstring saat MU dikalahkan Crystal Palace akhir pekan kemarin. Dia cuma main 34 menit sebelum digantikan Ashley Young. Dua hari setelah laga itu, Shaw menjalani pemeriksaan oleh tim medis MU. Hasilnya dia mengalami cedera cukup parah di hamstringnya dan berpeluang absen lima pekan. Itu artinya Shaw akan melewatkan setidaknya 4-5 laga MU ke depan termasuk laga internasonal bersama Timnas Inggris. Ini tentu jadi pukulan telak untuk MU yang mengandalkan Shaw di pos bek […]