Pengusaha Indonesia Ini Beli Saham Klub Inggris

Related image

Pengusaha Indonesia miliki saham minoritas Tranmere Rovers

Ada lagi pengusaha Indonesia terjun di sepakbola Eropa. Kali ini Santini Group yang dimiliki Keluarga Wanandi membeli saham klub Inggris, Tranmere Rovers.

Tranmere yang berkiprah di League One, dua tingkat di bawah Premier League, mengumumkan pembelian saham klub oleh Santini Group, Rabu (4/9/2019) dini hari WIB. Grup tersebut dimiliki oleh tiga bersaudara asal Indonesia, Wandi, Lukito, dan Paulus Wanandi.

Santini Group adalah induk usaha asal Indonesia yang memiliki jenis usaha di bidang peralatan otomotif, infrastruktur, sumber daya alam, pengembangan properti, dan jasa. Perusahaan ini dibentuk oleh Sofjan Wanandi pada tahun 1994.

Chairman Tranmere Rovers, Mark Palios, mengumumkan Santini Group akan memiliki saham minoritas di klub berjuluk Super Whites itu.

“Saya dengan senang hati mengumumkan jika klub sudah mencapai kesepakatan dengan investor dari luar, Santini Group. Dengan demikian, mereka akan memiliki saham minoritas di Tranmere Rovers,” ujar Mark Palios di situs resmi klub.

Pendanaan awal dari Santini Group akan digunakan untuk beberapa proyek yang dijalankan oleh Tranmere. Mulai dari penguatan sinyal Wi-fi di stadion, serta pengembangan kawasan akademi klub.

Pengusaha Indonesia Ini Beli Saham Klub Inggris

Tidak hanya itu, Santini Group juga akan membantu Tranmere untuk mengembangkan sayapnya di pasar internasional, termasuk di Asia. Hal ini untuk menambah nilai klub tersebut secara global.

Untuk urusan bisnis global tersebut, Tranmere telah menunjuk salah satu pengusaha yang merupakan rekanan Wandi bernama Simon Nainggolan. Simon disebut jadi otak di balik terjalinnya kerjasama antara Tranmere dan Santini Group.

“Kami juga ingin berterima kasih kepada Simon Nainggolan yang sudah mengenalkan kami semua. Simon akan sering berada di Prenton Park karena dia akan jadi penghubung klub dengan jaringan bisnis internasional,” papar Palios.

Pendanaan kapital oleh grup asal Indonesia ini diharapkan bisa membuat keadaan keuangan klub yang bermarkas di stadion Prenton Park tersebut menjadi lebih stabil.

Sekadar informasi, Tranmere Rovers merupakan klub sepakbola yang berbasis di Merseyside. Saat ini, klub yang sudah berdiri sejak tahun 1884 itu bermain di divisi League One atau kasta ketiga kompetisi liga di Inggris.

Sebelum Wanandi bersaudara, Erick Thohir sudah lebih dulu memiliki saham di klub League One Oxford United.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Alisson Pesimistis Bisa Menangkan Ballon d'Or

Kam Sep 5 , 2019
Alisson Becker tak yakin bisa menangkan Ballon d’Or Alisson Becker tak mau memikirkan penghargaan Ballon d’Or. Dia mengakui bahwa penghargaan itu sangat sulit jatuh ke tangan kiper. Alisson menjalani musim pertamanya di Liverpool dengan sangat luar biasa. Saat Liverpool jadi runner-up Liga Inggris, gawang Alisson cuma kebobolan 22 gol, paling sedikit di antara tim-tim lain, dan mencatatkan 21 clean sheet. Dia pun berhak atas sarung tangan emas. Kiper asal Brasil itu juga berhasil membantu Liverpool menjadi juara Liga Champions. Di laga final, Alisson tampil gemilang saat Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0. Alisson juga hebat di level internasional. Dia membawa Selecao juara Copa America 2019 dan gawangnya cuma […]